Cuma di India, Kencing di Toilet Umum Dibayar Pemerintah

Cuma di India, Kencing di Toilet Umum Dibayar Pemerintah

791
0
SHARE

Aroma pesing di berbagai penjuru Kota Ahmedabad, Negara Bagian Gujarat, India, membuat pemerintah pusing. Hal itu tak lepas dari kebiasaan jorok warga di sana yang senang kencing sembarangan.

Agar kebiasaan buruk itu berhenti, pemerintah menawarkan uang bagi siapa saja yang mau kencing menggunakan toilet umum. Setiap satu kali buang air di toilet umum, bisa mendapat 1 rupee atau setara dengan Rp 208.

“Ide di balik proyek ini adalah mencegah buang air di ruang terbuka. Meski sudah ada toilet umum, warga tetap saja buang hajat di ruang terbuka,” ujar anggota Parlemen Ahmedabad Pravin Patel.

Rencananya, kebijakan itu akan diujikan dengan menempatkan 67 toilet umum di seluruh kota. Adapun total toilet yang telah dipersiapkan mencapai 300-an.

Kebijakan itu selaras dengan program kampanye perdana menteri (PM) India untuk peningkatan kebersihan.

Sayangnya, mayoritas warga India justru anti toilet umum. Mereka menganggap toilet umum tak bersih dan lebih memilih kencing dan BAB di ruang terbuka yang jauh dari rumah. Berdasarkan kepercayaan setempat, jarang sebuah rumah dilengkapi toilet.

Dari data UNICEF, hampir 594 juta penduduk India masih buang air di ruang terbuka. Kondisi terburuk biasa ditemukan di pemukiman kumuh yang padat penduduk. Demikian dilansir dari India Today, Rabu (10/6).

NO COMMENTS

Comments are closed.